Pengikut

Sabtu, 18 Februari 2017

Titik Itu?

Beberapa hari ini saya membayangkan mengenai konsep hidup "memulai dari 0". 0 dalam arti yang paling nyata. Kosong, tak berisi, dan segala yang ada, baik konsep-konsep, kenangan, masa silam lengkap dengan peristiwa di dalamnya lenyap tak ada satu pun yang tersisa.

Lalu, saya pun mengawalinya dengan memulai langkah pertama, memulai tatapan pertama, memulai nafas pertama; seperti tidak pernah ada nafas, tatapan, maupun langkah sebelumnya. Dunia menjadi tampak baru; terlihat aneh, asing, lucu tetapi sekaligus menawan mengasyikkan, dan mengejutkan. Saya pun kemudian perlu berkenalan; saya perlu menyentuhnya, dan saya perlu menapaki segala sesuatu itu.

Kemudian dalam bayangan saya akan ada konsep baru dan cara pandang baru seperti; langkah kaki orang terlihat indah seperti tarian, suara dan kata-kata orang terdengar indah seperti puisi dan lagu-lagu, begitu pula dengan rumah, jalan raya, bahkan lampu-lampu kota seperti penciptaan estetis yang luar biasa. Segala sesuatu yang biasa, rutin, dan membosankan menjadi tampak menyegarkan, dan baru.

Apakah menghapus yang lalu dan memulai babak baru demikian hanyalah mimpi ilusif yang tidak pernah mungkin? Jika tidak bagaimana caranya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar